Iklan Panas

Lima Tanda Amal yang Diterima Allah SWT

Ketika kita melakukan amal baik, belum tentu amalan tersebut diterima oleh Allah S.W.T. Hal ini bergantung kepada niat dan bagaimana melakukannya. Inilah lima tanda amal yang diterima Allah SWT. Berdasarkan tanda ini akan membantu kita dalam bertingkah laku dan berkata sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Allah. Semaklah lima tanda ini.


Sebagai umat manusia, kita memiliki kewajiban dalam beribadan dan bersyukur pada Allah sang Maha Pencipta. Namun, tak semua amalan kita diterima oleh Allah, tergantung bagaimana niat, cara, dan keikhlasan kita dalam beribadah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja syarat yang harus terpenuhi dalam amal ibadah yang diterima Allah, sebagai berikut:

1. Islam
Syarat pertama yang harus terpenuhi adalah Islam. Kekafiran adalah salah satu penyebab ditolaknya amal seseorang. Teramatlah rugi sekiaranya mereka memiliki amal yang baik, jika mereka tidak mengakui adanya Allah.

2. Ikhlas
Syarat amal yang diterima yang kedua adalah ikhlas. Suatu amal akan diterima jika dilakukan dengan hati yang ikhlas dan hanya mengharap redha Allah S.W.T.

3. Mengikuti sunah Nabi
Suatu amalan akan menjadi sah jika hal tersebut ada di dalam Al-Qur’an ataupun hadist yang berisi sunah Rasul. Jika amalan tersebut tidak ada pada sunah Rasul, maka tidak akan diterima amalan tersebut.

4. Bertaqwa pada Allah
Apabila seseorang melakukan apa perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya maka orang tersebut akan disayang oleh Allah S.W.T dan diterima amalannya.

5. Berbakti pada orang tua
Orang tua adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. Allah mewajibkan pada kita untuk berbuat baik pada mereka.

6. Memperhatikan waktu amal
Allah tidak akan menerima suatu amalan jika ia belum melaksanakan solat fardhu.

7. Berbuat amal soleh
Bagaimana amalan kita akan diterima jika kita tidak berbuat amalan.

8. Tidak merasa bangga terhadap amalannya
Allah tidak menyukai orang yang berlebihan dalam kebaikan yang ia lakukan.

Selain mengetahui syaratnya, kita juga harus mengetahui tanda suatu amalan diterima oleh Allah. 

Berikut ini adalah 5 ciri amal yang diterima:

1. Dikabulkannya doa
Ketika amalan seseorang diterima maka akan diterima pula doa-doanya. Oleh karena itu, jika doanya terkabul berarti amalnya diterima oleh Allah.

2. Dicintai dan dihargai oleh banyak orang
Ketika amalan kita diterima berarti kita memiliki kepribadian yang baik. Hal inilah yang membuat banyak orang disekitarnya suka terhadap kebaikannya, mereka akan lebih menghormati dan mencintai ahli ibadah tersebut.

3. Mendapat taufik Ilahi
Suatu amalan diterima oleh Allah jika ia mendapatkan taufik dari-Nya. Sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai tanda diterimanya amal ibadah.

4. Berlanjut dalam amal
Seseorang yang benar-benar bertaqwa bererti ia akan melakukan amalan selama hidupnya. Bukan mereka yang waktu-waktu tertentu saja melakukan amal. Kerana keistiqomahannya, maka amal ibadahnya akan diterima oleh Allah S.W.T.

5. Menerima qadha dan takdir-Nya
Setiap orang memiliki takdirnya masing-masing. Ketika kita memiliki keimanan yang kuat, maka kita akan menerima segala takdir yang digariskan pada kita. Allah S.W.T sangat munyukai umat yang seperti ini, sehingga diterimalah amal ibadahnya.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita menjalankan ibadah tidak sekadar menggugurkan kewajiban. Tapi kita juga harus melihat apakah Allah S.W.T akan menerima amalan kita. Kita akan menjadi orang yang merugi jika hanya menggugurkan suatu kewajiban tanpa memperoleh hikmah dan kebaikan di dalamnya.

No comments:

Post a Comment

Apesal? Apesal? Apesal?

OhBelog? OhBelog? OhBelog

ZuLKiM Blogger